Workshop Metodologi Penelitian Kualitatif dan Penggunaan Aplikasi Atlas

Pada Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu, Magister Akuntansi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan kegiatan Workshop untuk para mahasiswanya. Workshop ini bertajuk “Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Penggunaan Aplikasi Atlas” yang digelar secara luring di ruang teleconference, Gd FEB Kampus Untirta Sindangsari dengan pembicara Dr. Bonnix Hedy Maulana, SE., Ak., M.Si.

Workshop ini ditujukan untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menjalankan metodologi penelitian kualiatif. Fenomena bisnis dan profesi akuntansi yang semakin kompleks menumbuhkan kebutuhan untuk menjalankan investigasi ilmiah dari berbagai sudut pandang paradigma yang beragam. Metodologi penelitian kualitatif sebagai salah satu pendekatan anti mainstream dalam riset akuntansi membuka peluang bagi peneliti untuk dapat memperoleh penjelasan yang mendalam atas fenomena-fenomea tersebut. Lebih dair itu, pemahaman bahwa akuntansi sebagai sebuah ilmu dan akuntansi sebagai sebuah praxis merupakan konstruksi sosial yang akan muncul dengan bentuk yang beragam bergantung pada konteks dimana pengetahuan dikembangkan dan praktik tersebut dilaksanakan.

Workshop berjalan dengan sangat lancar dan menarik, narasumber memaparkan alur berpikir penelitian dengan pendekatan kualitatif. Pemahaman atas konsep dasar penelitian kualitatif tersebut penting sekali diungkapkan agar mahasiswa magister akuntansi dapat membedakan karakteristik penelitian kualitatif dengan konsep mainstream penelitian kuantitatif. Mahasiswa dapat mengantisipasi kekeliruan dalam mengembangkan penelitian kualitatif dan tidak terjebak pada pola penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif diawali dengan penjelasan teori, pengembangan kerangka berpikir, pengujian model penelitian dan pengambilan kesimpulan. Pada sisi yang lain pendekatan kualitatif dijalakan dengan mengembangkan identifikasi gap penelitian (terutama knowledge and practice gap), pengumpulan data, analisis data menggunakan pendekatan data reduction, pembuatan coding, axial coding, refleksi hasil penelitian dan kesimpulan.

Selain itu, dalam workshop tersebut diberikan juga materi penggunaan tools analisis teks dengan menggunakan software ATLAS. Penggunaan perangkat lunak ini sangat krusial dalam pelaksanaan penelitian kualitatif, ATLAS mempermudah peneliti dalam menjalankan proses coding dan axial coding pada tahap analisis data. Proses coding yang rumit secara manual dapat dijalankan secara lebih cepat dan tertata dengan menggunakan ATLAS.

Leave a Reply